Ada kabar baik bagi para calon mahasiswa di Tanah Air. Pemerintah Turki memberikan kesempatan yang luas kepada pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana (S1) di Turki.

Kabar ini disampaikan langsung Duta Besar Republik Turki untuk Republik Indonesia, Dr Mehmet Kadri Sander Gurbuz di Jakarta, Rabu (15/3). “Ada 73 Universitas di Turki yang siap menerima pelajar pelajar dari Indonesia, ” demikian Dubes Mehmet dalam siaran pers melalui Yayasan Pendidikan Indonesia Turki kepada Republika.co.id.

Pemerintah Turki juga akan memberikan beberapa beasiswa kepada pelajar terpilih, demikian disampaikan Mustafa Aslan, koordinator Pendidikan Universitas di Turki. Pemberian subsidi biaya kuliah oleh Pemeritah Turki dimaksudkan agar pendidikan di perguruan tinggi semakin terjangkau. Semisal Fakultas Kedokteran biayanya hanya Rp 8 juta-an per semester, demikian pula Fakultas Teknik Rp 4 jutaan per semester, Fakultas Ekonomi Rp 3 jutaan per semester, dan sebagainya

“Kesempatan ini sangat baik bagi pelajar Indonesia untuk bisa kuliah dan bergabung bersama para pelajar dari seluruh penjuru dunia untuk berkuliah di Turki, ” ujar Aslan.

Pelajar yang ingin berkuliah ke Turki dapat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Turki pada tanggal 30 April 2017 di Jakarta. Pendaftaran ujian yang baru pertama kali di adakan ini dilakukan secara online di www.kuliahditurki.com. Masa pendaftaram dan ditutup pada hingga tanggal 30 Maret 2017.

http://republika.co.id/berita/nasional/umum/17/03/15/omuwnm319-pemerintah-turki-memberikan-subsidi-biaya-kuliah-untuk-mahasiswa-indonesia

12 COMMENTS

  1. Ka, info perincian biaya satu tahun pertama untuk fakultas kedokteran, mulai dari biaya pendaftaran sampai biaya tempat tinggal nanti ketika di turki, mohon bantuannya ya kak.

    • Bantu jawab ya mbak, saya bukan dari yayasan ini tapi saya tahu sedikit banyak terutama kalau tentang uludağ universitesi. Kalau di Uludağ, Fakultas Ilahiyat ada. Dan saya rasa di sana termasuk mendukung lingkungannya, karena Bursa (kota dimana univ tsb berada) adalah termasuk kota Islami

    • Mohon bantu jawab, saya bukan dari yayasan ini tapi saya sedikit banyak tahu. Kalau melalui jalur tes yang diselenggarakan Univ tertentu melalui kerjasama dengan yayasan ini, itu hanya untuk S1. Kalau untuk yang jalur beasiswa (sarjana & pasca-sarjana) ada sendiri prosedurnya.

LEAVE A REPLY